Wahai Pria, Tahukah Kamu Hak Perempuan Itu untuk Dinasehati, Disayang, dan Dibimbing?

Hak Perempuan untuk Dinasehati, Disayang, dan Dibimbing. “Dari Abu Hurairah, dari Nabi Saw, beliau bersabda, ‘Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka berkatalah dengan baik atau diam. Berikanlah wasiat kebaikan kepada perempuan, karena perempuan itu, diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika kamu berusaha meluruskannya maka tulang rusuk tersebut akan patah, tetapi jika kamu membiarkannya maka ia akan tetap bengkok. Oleh karena itu, sikaplah (bimbinglah) para perempuan dengan kebaikan.” (HR. Muslim, 4/178).

Sungguh indah penjelasan Rasulullah Saw. mengenai sosok perempuan. Beliau, sebagaimana yang disinggung dalam hadits tersebut, menegaskan seorang perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk kaum laki-laki.

Pertanyaannya: mengapa kaum perempuan dicipta dari tulang rusuk, bukan dari bagian tengkorak kepala, tangan, atau kaki?

Perlu kita pahami, diciptakannya seorang perempuan dari tulang rusuk bengkok seorang laki-laki menunjukan bahwa kaum perempuan itu teramat dekat dengan dada atau hati seorang lelaki. Karena itu, mereka tidak boleh ditindas dan diinjak-injak karena mereka tidak dicipta dari tulang kaki.

Mereka juga tidak boleh disakiti dan dipukul tanpa alasan yang dibenarkan, karena mereka tidak dicipta dari tulang dari tulang kedua tangan kita. Sekali lagi, mereka dicipta dari tulang rusuk. Kaum perempuan harus didekap sebagai ekspresi rasa sayang kita. Mereka harus dilindungi sebagai wujud tanggung jawab kita. Dan beruntung kalian, wahai kaum perempuan, karena Islam tidak menempatkan kalian sebagai pihak yang diskriminatif sebagaimana tuduhan orang-orang yang tidak suka kepada Islam.



Loading...
loading...

Leave a Comment