Tahukah Kamu Kulit Semangka Ternyata Banyak Manfaatnya, Jangan Dibuang..

Siapa yang tak suka dengan manis dan segarnya buah semangka? Buah berdaging merah satu ini banyak menyimpan manfaat bagi tubuh. Selain dapat menghilangkan dehidrasi, semangka juga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah seperti anti-oksidan.

Lalu bagaimana dengan kulitnya? Kulit semangka yang mungkin biasa Anda buang, ternyata memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Kulit semangka mengandung vitamin A, C, dan B6, magnesium, potassium, dan seng.

Selain itu, 95 persen nilai gizi dari semangka sebenarnya terkandung dalam kulitnya. Mengutip laman Healthy Food Team, Kamis 30 Juni 2016, berikut beberapa manfaat kulit semangka bagi kesehatan tubuh.

 Meningkatkan massa otot

Kulit semangka mengandung citrulline, asam amino yang dibutuhkan otot setelah berolahraga. Anda dapat mengonsumsi kulit semangka setelah berolahraga.  

Meningkatkan libido

Kulit semangka sangat baik untuk meningkatkan libido karena tinggi akan kandungan citrulline yang dapat meningkatkan gairah s3ksual. Kulit semangka juga menjadi salah satu bahan dalam suplemen penambah gairah.

Membuat tubuh proposional

Selain itu, kulit semangka merupakan salah satu sumber serat yang berarti dapat menurunkan berat badan dan mencegah nafsu makan berlebih. Kulit semangka juga memiliki sifat diuretik yang dapat membantu mengurangi kelebihan cairan.

Membantu mengatur tekanan darah  

Bagi Anda yang menderita hipertensi, kulit semangka dapat mengatur tekanan darah. Menurut sebuah penelitian, ekstrak kulit semangka efektif dalam menjaga tekanan darah normal pada orang dewasa.

 Baik untuk sistem urin

Kulit semangka bisa mencegah infeksi pada saluran kemih, selain itu dapat menjaga fungsi ginjal tetap normal karena meningkatkan produksi urin dan menjaga saluran kemih tetap sehat.

Mencegah kanker yang mematikan

Lycopene adalah kandungan yang sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 34 persen. Lycopene yang ada dalam kulit semangka juga mencegah kanker jenis lain seperti kanker lambung, pankreas, usus besar, esofagus, dan kanker leher rahim. (dhi)



 sumber : momney.id



Loading...
loading...

Leave a Comment