Surat Apa yang Harus Dibaca Saat Sholat Dhuha?

Sholat dhuha memiliki banyak keutamaan. Siapa yang sholat dhuha dua rakaat sebanding dengan 360 sedekah. Siapa yang sholat dhuha empat rakaat, ia akan dicukupi rezeki hingga sore hari.

Lalu ada pertanyaan, surat apa yang harus dibaca pada rakaat pertama dan rakaat kedua sholat dhuha?

Menurut para ulama, tidak ada hadits shahih yang menjelaskan surat apa yang dibaca saat sholat dhuha. Berbeda dengan sholat Jum’at yang ada petunjuk surat apa yang disunnahkan dibaca pada rakaat pertama dan kedua. Atau bahkan sholat Subuh yang juga ada keterangan riwayatnya. Untuk sholat dhuha, tidak ada ketentuannya.

Bagaimana dengan pendapat yang menganjurkan rakaat pertama sholat dhuha membaca surat Asy Syams dan rakaat kedua membaca surat Adh Dhuha? Agaknya pendapat itu berpijak pada riwayat berikut ini:

صلوا ركعتى الضحى بسورتيهما والشمس وضحاها والضحى

“Shalatlah dua rakaat dhuha dengan membaca dua surat dhuha, yaitu surat Was syamsi wadhuhaa haa dan surat Adh dhuha.” (HR. Ad Dailami dari Uqbah bin Amr, dicantumkan dalam Jami’ul Ahadits)

Menurut para ulama, hadits tersebut derajatnya dhaif. Bahkan menurut Syaikh Nashiruddin Al Albani dalam Shahih wa Dha’if Jami’us Shaghir, hadits tersebut maudhu’. Merupakan hadits palsu.

Jadi, tidak masalah bagi kita untuk membaca surat atau ayat manapun dari Al Qur’an dalam shalat dhuha, baik pada rakaat pertama maupun rakaat kedua. Wallahu a’lam bish shawab.



Loading...
loading...

Leave a Comment