Menyebabkan Kematian, Di Luar Negeri Cokelat Ini Dilarang Namun Tetap Dijual Di Indonesia

Saat mampir di Hypermart, anak saya sempat minta dibelikan sejenis coklat, namanya Kinderjoy. Saya pernah dengar bahwa produk ini dilarang beredar di beberapa negara kaya Amerika, Kanada,  Jerman, Perancis, dan beberapa negara lain di Eropa.

Si Kinderjoy ini lumayan mahal untuk ukuran kecil begitu, hampir 10 ribu rupiah sebutir telurnya. Dalamnya ada dua bagian, satu bagian itu berisi coklat dengan lumeran coklat putih dan di tengahnya ada dua bola coklat sebentuk kaya Ferrero Roche cuma agak lebih kecil sedikit. Di bagian satunya terdapat bagian'' mainan kecil terbuat dari plastik, dengan kertas petunjuk (yang juga berukuran kecil). Mainannya kaya potongan'' puzzle yang bisa membentuk menjadi sesuatu. Saya buang mainannya, karena males bikinnya dan ngga berguna juga untuk anak saya, dan juga terlalu rumit untuk anak seumur dia untuk bisa menyusunnya. Di dalamnya juga ada sendok plastik mini warna putih di bagian tengah.

Kinderjoy dijual dengan nama berbeda-beda di beberapa negara. Ada yang bilang Kinder Surprise, Kinder Sorpresa (Italia). Di Amerika, si coklat ini ilegal lho karena berpotensi menyebabkan kematian. Terang saja, mainannya itu kecil-kecil, kalo misalkan anak nggak sengaja menelan satu bagian aja terus tersedak dan menyangkut, wah bahaya berat itu mah. Tahun 2000 lalu di Inggris, tiga anak dari orangtua yang sama meninggal karena menelan mainan si telur ini.

Di Eropa, mainan'' Kinderjoy ini jadi barang koleksi, karena dari satu tipe mainan ada beberapa figur atau jenisnya. Kaya mainan yang kita dapat kalo beli Happy Meal di McD kali ya, cuma kan memang ukurannya lebih besar.
Alasan utama kenapa Kinderjoy ini ilegal itu karena si coklat ini kan sebenernya makanan, terus di dalam telur coklatnya ada mainan yang notabene bukanlah makanan. Ini yang dilarang, memasukkan benda yang tak bisa dimakan ke dalam sebuah produk makanan. Gitu lho, ngerti ngga? bingung ya saya jelasinnya, hehehe. Selain itu, Kinderjoy dianggap sebagai jenis makanan yang tidak memiliki nutrisi.

Bea Cukai dan Lembaga Imigrasi Amerika Serikat mengungkapkan bahwa dalam setahun mereka menyita ratusan ribu pernak-pernik yang dibawa oleh wisatawan. Salah satu barang terlarang yang tidak boleh dibawa wisatawan adalah Kinder Joy atau Kinder Egg.

Produk makanan coklat "Kinder Joy" yang didalamnya terdapat mainan plastik ini dianggap akan membahayakan anak-anak. Lembaga Imigrasi Amerika Serikat mengungkapkan, anak-anak bisa tersedak bila mengonsumsi camilan ini. Bahkan selama 2011, lembaga telah menyita 60.000 buah Kinder Egg.

Dalam sebuah Viral Gambar yang beredar mengatakan bahwa Kinder Joy mengandung Lilin sama seperti yang ada dalam sebuah Sterofoam. Kandungan Lilin inilah yang SANGAT berbahaya menyebabkan Kanker. Cukup mengerikan bukan?

Anehnya banyak sekali yang menyayangkan larangan beredarnya produk ini, karena banyak yang suka dengan rasanya yang memang mirip dengan coklat premium Ferrero Roche dengan tambahan coklat putih. Pantes aja mahal ya bow, hehe.

Selebihnya, terserah orangtua mau membolehkan anak-anaknya makan produk ini atau ngga



Loading...
loading...

Leave a Comment