Mengungkap Fakta! Benarkah Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 Mengandung Emas?

Ingatkah kamu dengan uang 500 rupah keluaran tahun 1991? Uang itu dikabarkan memiliki kandungan emas. Banyak orang mengukirnya menjadi cincin. Cara membuatnya dilubangi lalu dihaluskan itu memang tampak kuning mengkilap layaknya emas asli. Jadi, banyak yang suka. Dari nominal aslinya 500 rupiah, tapi setelah berwujud cincin bisa laku Rp1.000,00 bahkan lebih tergantung kerapihan dan motif.

Apakah fenomena di atas menunjukkan bahwa pada uang koin 500 rupiah emisi 1991 dan bergambar bunga melati itu benar-benar terkandung bahan baku logam mulia? Umumnya uang koin rupiah dicetak dari logam alumunium, nikel, dan kuningan. Dari semua uang logam yang pernah beredar saat ini, paling banyak adalah yang berbahan dasar alumunium. Alumunium dipilih karena disamping melimpah, harganya juga lebih murah. Saat ini, saat pencetakan uang, nilai intrinsik (harga bahan dan biaya produksi) harus lebih murah daripada nominalnya. Bila sebuah koin bertuliskan 500 rupiah, artinya biaya bikin per biji lebih rendah dari angka itu.

Hal itu cukup membuktikan bahwa uang receh pecahan 500 rupiah tahun 1991 bergambar bunga melati tidaklah berbahan logam mulia, tapi hanyalah alumunium Brown yang disangka emas karena warnanya nggak mudah berubah, Famous People!(non)

Loading...
loading...

Leave a Comment