Ketahuilah Tanda-tanda Awal Kehamilan Ini Sebelum Telat Haid

Sering ditemukan wanita yang sedang hamil memasuki usia kehamilan 12 minggu keatas. Kondisi ini karena wanita tidak menyadari tanda awal kehamilan. Berikut ini adalah artikel yang membantu anda, tanda awal wanita hamil sebelum telat haid.
 
Tanda kehamilan dapat membantu anda untuk mengurangi risiko kekurangan nutrisi pada tubuh dan janin selama kehamilan. Bahkan bagi anda yang telah mengetahui tanda kehamilan dapat menjaga aktivitas sehinga terhindar dari risiko keguguran.
 
Untuk mengetahui tanda kehamilan biasanya wanita menghitung siklus menstruasi padahal siklus menstruasi wanita berbeda-beda. Ada wanita yang teratur menstruasi adapula sebagian wanita yang mengalami menstruasi yang tidak teratur. Selain itu kondisi menstruasi seseorang dipengaruhi oleh kondisi fisik, psikis, hormonal dan lingkungan.
 
 
Sehingga telat menstruasi tidak menjadi ukuran utama dalam menentukan kehamilan.Beberapa faktor dibawah ini akan membantu anda untuk mengetahui bahwa anda sedang hamil sebelum mengalami telat haid.
 
Berikut adalah tanda awal kehamilan yang dapat anda ketahui sebelum telat haid:
 
1. Suhu Tubuh
 
Anda dapat mengetahui tanda awal kehamilan sebelum telat haid dari suhu tubuh. Caranya anda dapat mengukur suhu tubuh ketika bangun pagi sebelum beranjak dari tempat tidur.
 
Wanita yang mengalami pembuahan akam mengalami suhu tubuh yang meningkat dari suhu normal.
 
Proses yang berlangsung yaitu ketika sebelum pembuahan akan turun dan mengalami lonjakan setelah naik lagi. Suhu tubuh akan terus meningkat hingga 0,4-0,6 derajat dari suhu normal.
 
2.Nyeri Pada Bagian Perut
 
Tanda kehamilan selanjutnya adalah kondisi tidak nyaman di area perut bagian bawah. Ketika pembuahan berlangsung beberapa wanita mengalami rasa nyeri dibagian perut bawah. Bahkan disertai dengan rasa sakit pada bagian punggung bawah akan tetapi rasa sakit yang dialami hanya sebentar saja tanpa berlangsung lama.
 
Rasa sakit pada bagian perut menyerupai rasa sakit ketika sedang mengalami PMS. Sehingga banyak yang tidak dapat membedakan sakit karena siraman PMS atau sebagai tanda kehamilan.
 
3.Perubahan pada area wanita
 
Perubahan yang terjadi pada area wanita berupa bibir dari area kewanitaan yang berubah warna. Pada kondisi normal berwarna merah muda sedangkam ketika mengalami ovulasi aan berubah menjadi lebih pucat.
 
Selain itu keluarnya cairan menyerupai keputihan akan tetapi bukan keputihan melainkan karena cervical mucus yang sangat tipis sehingga mengeluarkan cairan pada saat pembuahan .
 
4.Mual
 
Tanda kehamilan selanjutnya yaitu peningkatan hormon estrogen dimana kadar asam lambung yang meningkat dan memicu terjadinya rasa mual.Selain itu faktor HCG yang dihasilkan plasenta di awal kehamilan yang menyebabkan rasa mual dan mereda dengan sendirinya ketika usia kehamilan semakin bertambah .
 
Perubahan selanjutnya adalah perubahan metabolisme glikogen hati dimana kehamilan dapat menyebabkan metabolisme glikogen memicu terjadinya mual. Bahkan mual pada ibu hamil di usia kehamilan muda dipicu juga karena cerminan faktor psikologis.
 
Tanda kehamilan sebelum datang haid sangat penting untuk diketahui oleh wanita sebagai awal dalam menjaga keseahatan ibu dan janin.Apalagi pada saat awal kehamilan organ-organ penting janin sudah mulai terbentuk sehingga asupan asam folat sangat penting.
 
Bagi anda yang ingin memastikan kehamilan anda , konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan sehingga dapat membantu dalam mengetahui kehamilan anda lebih spesifik. Test kehamilan yang dapat dilakukan berupa testpack atau test urin, test USG dan serangkaian test lainnya untuk mengetahui pertumbuahan dan usia kehamilan lebih tepat. 
 

Loading...
loading...

Leave a Comment