Inilah Doa yang Diajarkan Rasulullah Untuk Menyembuhkan Bagian Tubuh yang Sakit

Tiap-tiap penyakit Insya Allah ada obatnya, sekianlah yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh karenanya orang yang alami sakit disarankan untuk berobat. Rasulullah SAW juga mengajarkan doa-doa untuk penyakit spesifik. Misalnya yaitu di bawah ini.

Bila yang sakit cuma di bagian spesifik dari badan kita, umpamanya sisi dada (paru-paru serta jantung), kepala (sakit kepala atau migrain), sakit perut (lambung/maag), serta semacamnya, jadi Rasulullah menyarankan untuk membaca doa di bawah ini :

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِاسْمِ اللَّهِ. ثَلاَثًا. وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

“Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru” (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)” (HR. Muslim)

Dalam Syarah Hisnul Muslim disebutkan asbabul wurud hadits ini. Suatu hari ada seorang sahabat Nabi SAW yang datang mengeluhkan sakit di anggota tubuhnya. Ia bernama Utsman bin Al Ash r.a. yang merasakan sakit sejak ia masuk Islam. Lalu Rasulullah mengajarkan doa dan cara tersebut:

1. Letakkan tangan pada tempat yang sakit

2. Baca bismillah tiga kali

3. Baca doa ini tujuh kali:

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan

Jika kita meyakini betul apa yang diajarkan Rasulullah ini, maka insya Allah, Allah akan memberikan kesembuhan kepada kita, seperti halnya Allah SWT memberikan kesembuhan pada Utsman bin Al Ash r.a. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan kita untuk mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah SAW dan Allah mengaruniakan rizqi kesehatan kepada kita dan seluruh anggota keluarga. Aamiin.



Loading...
loading...

Leave a Comment