Ini 11 Cara Ampuh atasi Step/kejang pada Anak, Jangan Panik !

Dewasa ini ramuan tradisional sudah jarang digunakan karena sekarang sudah ada yang canggih dan instan dengan menggunakan obat meskipun nantinya ada efek samping akan tetapi semuanya itu dilakukan asal sembuh pada saat itu.

Ini cara mengobati bayi atau balita yang mengalami steps / stuips / atau kejang dengan menggunakan obat tradisional atau ramuan tradisional dan akan menjelaskan bagaimana perawatan pertama bagi bayi yang sedang mengalami seteps. Langsung saja nich sobat, silahkan simak artikel ini sebagai berikut:

Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Kejang Demam pada Anak

Bahan : Kopi bubuk 1 sendok makan, madu murni secukupnya, air panas 100ml.
Cara Membuat Ramuan: Seduh kopi dengan air panas sebanyak 100ml atau kira-kira ½ gelas, lalu tambahkan madu dan aduk rata. Jika tidak ada madu bisa diganti gula.
Minumkan ramuan pada anak cukup 3 sendok makan saja sekali minum. Lakukan sehari 3 kali agar kejang demam (step) tidak kambuh.
Cara 2
Bahan : Bawang putih 1 siung.
Cara Membuat Ramuan : Kupas bawang putih lalu cuci bersih, kemudian tumbuk hingga halus, peras airnya.
Teteskan air bawang putih pada lidah anak yang terkena step atau kejang demam.
Cara 3
Bahan : Daun randu ingu 10 lembar, cuka secukupnya.
Cara Membuat Ramuan : Cuci daun ingu biar bersih, lalu haluskan. Tambahkan cuka secukupnya.
Gunakan ramuan ini untuk mengompres di bagian ubun-ubun anak yang terkena kejang demam.
Cara 4
Bahan : Daun sangkep 1 genggam, air hangat 1 ember.
Cara Mengatasi Kejang Demam Anak : Siapkan 1 ember air hangat, lalu cuci daun sangkep dan masukkan ke dalam ember.
Gunakan air daun sangkep untuk memandikan anak yang terkena step atau kejang demam.
Cara 5
Bahan : Bawang merah 2 butir, jeruk nipis 1 buah, minyak kelapa 3 sendok makan, minyak kayu putih 10 tetes.
Cara Membuat Ramuan : Cuci bahan yang diperlukan. Tumbuk bawang putih sampai lembut, kemudian peras jeruk nipis dan ambil airnya. Campur kedua bahan tersebut menjadi satu lalu aduk biar merata.
Balurkan ramuan kejang demam pada seluruh tubuh anak.

Pertolongan pertama penderita steps

Berikut adalah beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh anda ketika bayi anda kejang saat demam :

1. Anda dapat memindahkan bayi anda ke tempat yang aman seperti kasur atau lantai, jauhkan dengan benda-benda yang dapat membahayakan anak anda, termasuk benda keras dan benda tajam.

2. Ketika bayi anda muntah, segera miringkan posisi kepala nya ke bagian sisi kanan atau kiri sehingga muntahan dapat mudah mengalir dari mulut bayi, hal ini juga dapat membantu bayi agar tidak tersedak.

3. Ketika bayi anda kejang, sebaiknya anda menghindari pakaian yang ketat dikarenakan akan membuatnya kesulitan untuk bernafas.

4. Setelah anak anda benar-benar sadar, anda dapat menurunkan suhu tubuhnya dengan cara mengompres menggunakan air hangat

5. Jangan memasukan benda benda seperti sendok ke dalam mulut bayi anda dikarenakan akan memicu tersedak dan terganggunya pernafasan

6. Sebaiknya anda jangan menahan atau menggendong selama bayi anda sedang kejang karena akan memicu terjadinya kondisi yang buruk pada anak anda.

7. Setelah anak anda diberikan pertolongan pertama, bukan berarti tidak memberikannya penanganan medis, bagaimanapun anak anda sangat membutuhkan beberapa obat-obatan sesuai dengan resep dokter, oleh karena itu bawa segera anak anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

8. Berusaha untuk tidak panik, karena kepanikan bisa berujung kecerobohan.

9. Agar anak tidak cedera, pindahkan benda-benda keras atau tajam yang berada dekat anak.

10. Longgarkan pakaian (kerah baju) anak dan lepas semua yang menghambat saluran pernafasan si anak. Kenakan baju tipis pada anak. Kalau anak dalam kondisi menggigil, boleh diselimuti, tapi setelah menggigilnya hilang langsung buka selimutnya.

11. Miringkan tubuhnya karena umumnya akan mengeluarkan air liur dari mulut yang diakibatkan produksi air liur berlebih sebab syaraf yang mengatur kelenjar air liur tidak terkontrol lagi. Hal ini bertujuan agar cairan langsung keluar sehingga tidak menggenang di mulut dan mengganggu saluran pernafasan.

12. Bila perlu Menahan mulut anak agar tetap terbuka dengan mengganjal (menggigitkan) sesuatu di antara giginya, hal ini bertujuan untuk memperlebar saluran napasnya.

13. Kompres dengan lap hangat dimana suhu airnya kurang lebih sama dengan suhu badan si kecil. Jangan kompres dengan air dingin (air es), karena dapat menyebabkan “korsleting” atau benturan kuat pada saraf otak karena perbedaan suhu yang sifnifikan.

14. Sebaiknya orangtua juga tidak memberi apa-apa lewat mulut pada saat anak kejang, termasuk memberinya minum atau obat-obatan. Tindakan seperti itu justru dapat membuat anak tersedak atau pernapasannya tersumbat.

15. Beri obat pereda kejang yang disarankan oleh dokter, saat ini sudah tersedia obat kejang yang berbentuk cairan, yang dapat dikeluarkan isinya setelah ujung tabungnya berada di dalam anus, obat penghilang kejang yang beredar di pasaran ini adalah Stesolid.

16. Segera bawa anak ke rumah sakit terdekat, hal ini bertujuan agar otak tidak terlalu lama tidak mendapat oksigen karena dapat mengganggu otak pada anak.
 
Mungkin bagi orang tua yang belum pernah mengatasi bayi yang terkena steps akan tegang dan pastinya semuanya akan menjadi tergessa-gesa. Oleh karena itu semoga dengan artikel ini akan membantu para ibu-ibu maupun siapa saja yang akan mengatasi steps dengan berhasil atau sukses. Terimakasih atas kunjungannya salam (*)



Loading...
loading...

Leave a Comment