Gara-gara Iseng Kasih Anak Minuman Ini, Yang Satunya Meninggal, Yang Satunya Lagi Jadi Cacat

Seorang anak yang baru berusia 2 tahun dikasih minum bir sama pamannya. Setelah itu, ia langsung pingsan tak sadarkan diri, muntah-muntah, kejang-kejang dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Keluarga sampai pindah rumah sakit 4 kali namun hasilnya tetap sama. Anak kecil itu keracunan alkohol, menyebabkan kerusakan otak dan epilepsi. Gara-gara itu, daya pikirnya, daya fisiknya dan kemampuan bicaranya pun tidak berkembang, cuma setara dengan anak usia 1 tahun.


▼ Sang ibu menggendong anaknya di rumah sakit, tidak berhenti meneteskan air mata

Dokter mengingatkan bahwa alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan, baik tua maupun muda. Efeknya terhadap anak-anak lebih parah lagi, karena itulah mengapa alkohol tidak dijual untuk anak di bawah umur 18 tahun. Anak-anak tidak boleh mengkonsumsi alkohol sedikit pun karena benar-benar sangat berbahaya.

Keracunan alkohol dibagi jadi 3 tingkat, yaitu ringan, sedang dan parah. Biasanya keracunan yang ringan itu seperti muka memerah, banyak ngomong, hepi sendiri, kalau yang sedang itu biasanya tertidur, yang parah bisa sampai pingsan tak sadarkan diri bahkan rusak otaknya.

Dokter bilang hati anak kecil belum berkembang sepenuhnya, sehingga toksin yang terkandung dalam alkohol tidak bisa disaring dan dikeluarkan dari tubuh, makanya bisa keracunan dan merusak hati. Yang paling parah adalah anak di bawah 7 tahun. Semakin kecil umur anak semakin parah, bukan hanya organ hati saja yang bisa rusak, tapi juga otak.

Ada juga satu cerita dimana ayahnya bawa anaknya kumpul-kumpul ke rumah teman. Di sana, mereka minum-minum. Karena iseng juga, mereka suruh anak yang baru umur 2 tahun itu minum juga, sedikit sih, mungkin mau tahu apa reaksi anak kecil. Habis minum, anak itu pun tertidur. Tak lama kemudian, tubuhnya mengeras dan mengeluarkan panas.

2 hari kemudian, anak tersebut meninggal karena keracunan. Fungsi otaknya sudah rusak sama sekali. 3 orang dewasa yang terlibat pun akhirnya ditangkap karena kelalaian mereka yang mengakibatkan seseorang anak kecil meninggal.

Untuk para orang tua, jaga baik-baik anak Anda jangan sampai mereka minum atau dikasih minum bir, anggur, wine, segala macam yang mengandung alkohol di dalamnya. Untuk pembaca cerpen yang masih muda, sayangi badan kalian!

Semoga bermanfaat dan silahkan disebarkan supaya lebih banyak yang tahu!

Sumber: mamtify



Loading...
loading...

Leave a Comment