Bersedekah Tidak Akan Membuatmu Jatuh Miskin

Sedekah tidak akan membuat seseorang jatuh miskin. Cerita ini adalah kisah seorang wanita yang sedang berlibur ke sebuah tempat bersama suaminya. Ia memborong semua barang murah sebagai oleh-oleh karena harganya sangat murah.

Lalu ia melihat seorang pengemis yang meminta-minta di dekatnya. Ia mengulurkan uang seribu rupiah. Pengemis tersebut meminta tambahan uang karena anak yang ia gendong belum makan selama 2 hari, begitupun dirinya. Wanita tersebut kesal karena ia menganggap itu semua hanya modus. Ia pun berlalu sambil menenteng tas belanjanya.

Ia pun bertemu dengan suaminya. Ia menceritakan kejadian tersebut. Suaminya pun menasehati wanita tersebut. Mengapa ia tidak memberi sedikit lebih banyak uang untuk disedekahkan. Sang suami juga bilang bahwa meski kebanyakan pengemis adalah modus tapi itu adalah urusan pengemis itu sendiri dengan Tuhan. Sedangkan kewajiban kita adalah bersedekah, menyisihkan sedikit harta dari usaha kita. Wanita tersebut pun menyesal.

Bukankah bersedekah adalah cara Tuhan mengingatkan kita agar kita senantiasa bersyukur? Ia pun kembali dan dengan sangat menyesal menghampiri pengemis itu dan memberikan uang yang lebih. Ia menyerahkannya seraya berucap terima kasih. Terima kasih karena telah mengingatkan pada satu kata yang bernama syukur.

Ada kalanya kita harus menyadari bahwa memberi sesuatu berapapun nominal dan besarnya pada seorang yang nasibnya jauh di bawah kita tidak akan membuat kita jatuh miskin saat itu juga. Karena bukankah Tuhan telah berjanji bahwa Ia akan mencukupi hidup orang-orang yang bersedekah?

Loading...
loading...

Leave a Comment